5 Kota di Indonesia Dengan Wisata Kuliner Terkaya

Diposting oleh Unknown on Rabu, 08 Agustus 2012




Bondan Winarno, seorang pelopor wisata kuliner sekaligus pemilik kedai Kopitiam Oey,  menyebutkan lima kota di Indonesia dengan wisata kuliner terkaya, yaitu Medan, Padang, Semarang, Surabaya dan Makassar. Sementara kuliner terunik dimiliki oleh kota Manado dan Minang.

“Untuk menjajaki kuliner yang sangat kaya pada satu kota tersebut saja, 3 hari makan kekenyangan tidak akan cukup. Di semarang misalnya, kita bisa mengelilingi objek wisatanya seperti Kota Lama, Klenteng Sam Po Kong dan Tugu Muda hanya dalam waktu 3 jam, namun untuk kulinernya, 3 hari 3 malam tidak akan cukup”, tegas Bondan Winarno.  

Kuliner memiliki kontribusi yang sangat besar untuk pariwisata daerah. Bondan Winarno menyebutkan Kota Bandung sebagai contoh, “menjelang lebaran, ada sekitar 7 juta wisatawan disana, mereka tentunya berwisata sambil menikmati makanan dan minuman khas Bandung, serta tidak lupa membawa oleh-oleh. Itu baru di sekitar hari raya, pada weekend saja banyak sekali warga Jakarta berbondong-bondong kesana untuk berwisata kuliner, tentu ini merupakan kotribusi kuliner yang sangat besar bagi pariwisata.”

Kuliner Indonesia sudah sangat terkenal ke mancanegara, hingga masuk ke dalam tayangan Asian Food Channel. Menurut Bondan Winarno,  kuliner Indonesia disukai oleh dunia karena begitu kaya dan beragam.

“Dilihat dari sisi diversifikasi, setiap daerah memiliki ciri khas kuliner tersendiri, namun secara individual saja sudah unggul. Kuliner India itu unik karena terbuat dari banyak sekali bumbu, namun kuliner Kota Tuban diracik dari jumlah bumbu yang lebih banyak daripada kuliner India, sehingga kita tetap unggul”, jelas Bondan Winarno.

Menurutnya, kekayaan rempah-rempah merupakan faktor penting mengapa kuliner Indonesia dapat menggetarkan lidah orang-orang di seluruh dunia. (Laras)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar