Dakak

Diposting oleh Unknown on Rabu, 08 Agustus 2012

r="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em; margin-right: 1em;">


Dakak

Panganan khas ranah Minang ini berwarna kekuningan dengan taburan remahan daun seledri yang banyak sekali. Rasanya gurih-gurih renyah bikin lidah tak mau berhenti bergoyang.

Singkong yang banyak orang menganggap tak terlalu banyak harganya, tapi kini justru jadi makanan yang cukup diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seperti kerupuk Dakak-dakak khas Padang Pariman ini. Saya sudah lama sekali tidak memakannya karena saya sering mendapatkannya dari oleh-oleh seorang teman.

Tapi kemarin saya mendapatkannya kembali saat berkunjung ke sebuah pameran di JCC beberapa waktu lalu. Kebetulan saya berada di stand aneka jenis makanan khas Padang. Salah satu jenis makanan yang menarik minat saya adalah dakak-dakak. Kerupuk dakak-dakak ini terbuat dari singkong.

Singkong ini diiris tipis tipis dan dipotong berukuran satu kali dua cm. Dengan diberi bumbu kunyit dan bawang putih plus cincangan daun seledri. Setelah direndam bumbu barulah keripik mungil ini digoreng kering. Rasanya gurih renyah empuk jadi sama sekali tidak ada kesulitan mengunyahnya. Padahal kalau singkong dibuat keripik saja masih ada yang keras tapi tidak ditemukan di kerupuk dakak-dakak ini.

Nah, jika Anda penasaran dengan camilan ini bisa dibeli di toko kue dan jajanan khas Sumatera Barat.
sumber:http://kulinerkita.multiply.com/reviews?&page_start=260

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar